Pimpinan DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto Serap Aspirasi Masyarakat Desa Sukonatar Srono


Banyuwangi, merdekanews.id

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto S.H., M.H., sukses melaksanakan reses di Dusun Karanglo, Desa Sukonatar, Kecamatan Srono. Bertempat di rumah salah satu tokoh Dusun Karanglo Lukman Saroni, reses yang dilakukan pada hari Senin (9/10/2023) itu merupakan bagian dari upaya mendekatkan diri dengan konstituen dan memahami masalah yang dihadapi oleh warga Desa Sukonatar, Srono
Tampak hadir dalam undangan antara lain Kepala Desa Sukonatar Ali M. S.Pd, Julisetyo Puji Rahayu S Sos, SH, MH Sekretaris DPC Kabupaten Banyuwangi, Ketua PAC Kecamatan Srono Muhaimin, para tokoh pemuda dan masyarakat Desa Sukonatar dan Bagorejo.
Dalam sambutannya, Kepala Desa Sukonatar Ali M. S.Pd menghimbau serta mengajak agar warga memberikan masukan nya kepada wakil rakyat. Apa saja yang dibutuhkan oleh warga di desa Sukonatar langsung disampaikan kepada wakil rakyat, yang saat ini sedang reses di desa kita. Sehingga nanti apa yang diberikan kepada desa Sukonatar akan sesuai dengan kebutuhan kita semua di desa Sukonatar," ujar Kades Sukonatar, Ali. Dalam kunjungannya ke Desa Sukonatar, Michael Edy Hariyanto yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi mendapat kesempatan untuk berdialog langsung dengan warga. Sejumlah aspirasi masyarakat pun tersampaikan dengan jelas.
Salah satu masalah yang mendominasi pembicaraan adalah kelangkaan pupuk, yang menjadi kendala serius bagi para petani di desa tersebut. Warga berharap agar pemerintah daerah dapat meningkatkan distribusi pupuk secara lebih merata dan terjangkau.
Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang warga Desa Sukonatar Eko Purwono. Ia mengatakan mengenai kebijakan terkait peraturan pupuk bersubsidi. Warga merasa dipersulit apalagi petani yang bukan pemilik lahan langsung. Hal yang sama juga disampaikan oleh Ibu Hilmiah bahwa desanya sudah lama mengalami kelangkaan pupuk, distribusi pupuk subsidi yang tidak merata.
Selain itu, pembangunan infrastruktur jalan juga menjadi isu penting. Warga menginginkan perbaikan di sekitar desanya, seperti yang disampaikan peserta sebelumnya bahwa di RT01/RW01 dusun Sukopuro perlu perbaikan segera. Hal tersebut untuk meningkatkan konektivitas antara desa-desa tetangga dan akses ke pasar. Hal ini diharapkan dapat memperbaiki perekonomian lokal dan memudahkan mobilitas masyarakat.
Pertanian dan pengairan adalah dua hal lain yang menjadi perhatian serius. Dalam situasi perubahan iklim yang semakin tak menentu, warga Sukonatar membutuhkan dukungan lebih lanjut dalam pengelolaan air irigasi (Pengairan) dan bantuan teknis untuk meningkatkan produktivitas pertanian mereka. Peserta lain juga menyampaikan permohonan bantuan untuk merenovasi tempat ibadah sampai permintaan seragam untuk peserta pengajian.
Michael Edy Hariyanto menyambut aspirasi masyarakat dengan komitmen untuk membawa permasalahan ini ke dalam agenda DPRD Banyuwangi. Ia berjanji akan bekerja keras untuk mencari solusi yang berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan warga Sukonatar dan seluruh Banyuwangi. 
“Apa yang menjadi kebutuhan dari masyarakat akan kita tampung untuk menentukan arah kebijakan di tahun 2024 mendatang,” kata Michael saat wawancara kepada awak media diakhir acara reses .
Reses ini adalah contoh nyata dari pemerintah yang mendengarkan suara rakyatnya, serta memprioritaskan kebutuhan dan harapan masyarakat. Diharapkan, tindakan yang akan diambil oleh anggota DPRD Michael Edy dapat membawa perubahan positif yang signifikan bagi Desa Sukonatar dan daerah sekitarnya . (anw)

Post a Comment

0 Comments