Bakesbangpol Kota Kediri Gelar Sosialisasi Kewaspadaan Dini, Jelang Pemilu 2024


Kediri Kota, merdekanews.id. Menjelang pemilu 2024, Pemerintah Kota Kota Kediri melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menggelar kegiatan Sosialisasi Kewaspadaan Dini dengan tema " Deteksi Dini Dan Cegah Dini Potensi Konflik Sosial Menjelang Pemilu Tahun 2024 ", yang berlangsung di ruangJoyoboyo Pemkot Kediri ( 24/11/23 ). 
Dalam sambutannya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Kediri Bagus Hermawan Apriyanto, S.E., M.A.P mengatakan, " Hanya dalam beberapa bulan lagi kita akan menyambut tahun politik. Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar secara serentak pada tahun 2024 ini ".
Pemilu  serentak tersebut diantaranya pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD dan dilanjutkan dengan Pilkada baik Gubernur, Bupati ataupun  Walikota yang akan di dekat di tahun yang sama yaitu tahun 2024, termasuk Kota Kediri. 

" Kondisi ini harus di kelola dengan baik karena berpotensi menimbulkan perselisihan politik yang dapat menjadi pemicu timbulnya konflik di kemudian hari ".

" Potensi terjadinya kerusuhan pada pemilu 2024 penting untuk di antisipasi sejak dini. Sehingga kejadian-kejadian kecil bisa segera di redakan. Apabila timbul konflik di sebagian besar daerah, tentu akan sulit di tangani oleh aparat keamanan sehingga berpengaruh terhadap kondisi kamtibmas dan penyelenggara pemilu itu sendiri ", terangnya.

Masih kata Bagus, " Inilah arti penting dari kewaspadaan dini, yang di artikan sebagai serangkaian upaya atau tindakan untuk menangkal segala potensi ancaman,tantangan,  hambatan dan gangguan dengan meningkatkan pendeteksian dan pencegahan dini ".

" Untuk itu, melalui kegiatan Sosialisasi Kewaspadaan Dini ini, semoga dapat terwujud efesiensi dan efektifitas antar stakeholder terkait. Maka dari itu saya berharap kepada masyarakat, harus bisa menciptakan sinergisitas  yang solid sehingga menghasilkan kinerja yang baik guna menjaga situasi dan kondisi Kota Kediri tetap aman dan kondusif ", lanjutnya. 

Kegiatan ini di hadiri oleh ratusan peserta dari karang taruna dan Forum  Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM ), dan sebagai narasumber yaitu Komisioner KPU Kota Kediri Reza Christian dan Kasat Intelkam Polresta Kediri AKP. Agus Sutanto, S.Sos.(Dwi)

Post a Comment

0 Comments