Pemkot Blitar Bantu Wujudkan Sanitasi Aman Bagi Masyarakat


Kota Blitar, merdekanews.id. Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menggelar sosialisasi sanitasi aman, Senin (04/12/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Kusumo Wicitro Kota Blitar tersebut, sebagai bentuk komitmen Pemkot Blitar untuk menyediakan sanitasi yang aman bagi warga masyarakat Bumi Bung Karno.

Hadir dalam acara tersebut, selain perwakilan RT dan RW di Kota Blitar, juga dihadiri beberapa pemateri secara dari perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Bapeda, dan Dinas PUPR

Kepala Dinas PUPR Kota Blitar Suharyono mengatakan, acara sosialisasi sanitasi tersebut merupakan agenda yang pertama kali diadakan di Kota Blitar. Padahal sanitasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh masyarakat.

“Sosialisasi ini penting diadakan demi terciptanya sanitasi yang ramah lingkungan,” kata Suharyono.

Suharyono menandaskan, ramah lingkungan yang dimaksud dalam sanitasi adalah tidak memicu pencemaran air pada sumur warga.

“Sehingga nantinya air minum tidak tercemar bakteri  e-coli,” tandasnya

Sementara Kiki Ismaya dari Dinas Kesehatan Kota Blitar menyebutkan, 66 persen air sumur yang ada di Kota Blitar sudah tercemar bakteri e-coli, yang diduga karena kurangnya kebersihan sanitasi.

Sedangkan dari data penelitian WHO, 60 persen air minum yang diolah masih tidak sehat, karena wadah penyimpanannya kotor atau jari tangan kotor.

Untuk itu, gelas, teko harus rutin dibersihkan dengan sabun dan dijemur di bawah matahari sampai kering, dan jangan lupa selalu cuci tangan,” ujar Kiki Ismaya. (Dwi/Kmf)

Post a Comment

0 Comments