Polres Lumajang Jaga Kelancaran dan Keamanan Larung Sesaji Satu Suro di Pantai Watu Godek


Lumajang, Merdekanews.id Dalam rangka mengamankan rangkaian kegiatan Satu Suro, jajaran Polsek Pronojiwo melakukan pengawalan terhadap umat Hindu yang melaksanakan Upacara Larung Sesaji di Pantai Watu Godek, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang.

Kapolsek Pronojiwo, Iptu Wahono Puji Santoso, melalui Kasubsi PIDM Sihumas Ipda Sugiarto, menyampaikan bahwa sebanyak 100 orang umat Hindu dari Kecamatan Pronojiwo dan Tempursari akan mengikuti upacara ritual keagamaan ini.

"Upacara larung sesaji ini merupakan agenda rutin tahunan umat Hindu di wilayah Pronojiwo dan Tempursari untuk menyambut datangnya bulan Suro," jelas Ipda Sugiarto.

Pengawalan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas selama kegiatan upacara larung sesaji berlangsung.

Lebih lanjut, Ipda Sugiarto menegaskan komitmen Polri, khususnya Polsek Pronojiwo, dalam menjaga kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian kegiatan Satu Suro.

"Polsek Pronojiwo akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengawal dan mengamankan semua kegiatan Satu Suro. Hal ini dilakukan agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan aman," ungkapnya.

Kehadiran Polri dalam mengamankan Larung Sesaji Satu Suro merupakan wujud komitmen dalam menjaga kondusifitas dan toleransi antar umat beragama di wilayah Lumajang.

"Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan damai, serta menjadi sarana memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa," Pungkasnya Ipda Sugiarto

Post a Comment

0 Comments