Tim Siaga Bencana Polres Lumajang Bersama Elemen Buka Jalur Tertutup Longsor


Lumajang, KaJe
Jalur Lumajang Malang jurusan  Ranupani, Watu tulis, Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang,  sekitar  pukul 14.30, Selasa (20/03/2019)  terjadi longsor bervolume panjang ±20 meter tinggi 3 meter dan lebar ±7 meter.

Hujan lebat yang mengguyur wilayah ini membuat akses jalan sementara tertutup, namun dengan sigap Tim Siaga Bencana Polres Lumajang beserta Kodim 0821 Lumajang, Babinsa Koramil Senduro, TRC-PB BPBD KABUPATEN LUMAJANG, Relawan Ranupane Senduro, TNBTS Lumajang dan Masyarakat Ranupani bahu membahu untuk dapat segera membuka jalan yang tertutup tanah longsor.

Alat berat bergerak menuju lokasi dengan pengawalan personel TRC-PB karena proses pembersihan manual kurang efektif serta hanya berhasil membuka ruang agar R2 dapat melintas. Untuk selanjutnya Tim Siaga Bencana Polres Lumajang melakukan penutupan jalur dan menyarankan jalur alternatif melalui jalur selatan yakni Piket nol untuk masyarakat yg akan menuju Malang dikarenakan semua stake holder yg terlibat ingin segera membuka jalur ini tanpa hambatan dan agar jalur dapat segera dilalui kembali.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH memberikan keterangan terkait hal ini yaitu “Alhamdulilah tidak ada korban dalam bencana alam kali ini meski longsor menutup jalan kurang lebih sejauh 20 Meter, Tetapi dengan gotong royong semua elemen baik dengan cara manual maupun dengan bantuan alat berat berhasil mengurangi volume longsor dan jalur akan segera dibuka kembali.  Saat ini saya sudah mendapat laporan jalur tersebut sudah bisa dilalui karena alat berat sudah diturunkan di titik terjadinya longsor dan jalur Lumajang Malang Via Ranupani dapat dilalui seperti sediakala kembali. Namun saya himbau kepada masayarakat agar berhati-hati karena derasnya intensitas hujan membuat area licin dan perlu konsentrasi penuh dalam perjalanan. Jalur Malang Lumajang Via Ranupani dapat dilalui baik R2 maupun R4 sudah dapat melintasi jalur tersebut," ujar Arsal. (Suatman)

Post a Comment

0 Comments