Tahap III Penyaluran Jaslut dan BLU 2019 Dipusatkan di Kec. Arjasa


Jember, Kabarejember.com
---- Penyebaran daerah penyaluran untuk tahap III Jaminan Sosial Lanjut Usia (Jaslut) dan Bantu Lanjut Usia (BLU) 2019 yang dipusatkan di Balai Desa Arjasa Kecamatan Arjasa meliputi Kecamatan Arjasa, Patrang, Sumbersari dan Panti. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 5 Oktober 2019 pukul 10.00 WIB.

Pada tahap ini ada 218 keluarga penerima manfaat untuk program Jaslut dan 12 keluarga penerima untuk BLU (penerima dari Kecamatan Panti).

Jaslut dan BLU ini merupakan kolaborasi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial, Pemerintah Propinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Jember yang bertujuan untuk meringankan beban pengeluaran untuk pemenuhan kebutuhan dasar dan pemeliharaan kesehatan lanjut usia, serta memelihara taraf kesejahteraan sosial lanjut usia agar mereka dapat menikmati taraf hidup yang wajar.

Sasarannya adalah mereka yang berusia 70 tahun ke atas (semakin tua semakin diprioritaskan), kepala atau anggota rumah tangga miskin sesuai basis data terpadu (BDT), tidak memiliki penghasilan tetap baik dari dirinya sendiri ataupun orang lain untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Selain itu, lansia yang sakit-sakitan dan bukan penyandang cacat berat yang akan atau telah menerima bantuan dari pemerintah atau lembaga sosial. KTP dan surat keterangan dari luarh/kades juga menjadi salah satu syarat penerima bantuan ini. Mereka juga tidak termasuk dalam perintis kemerdekaan atau janda perintis kemerdekaan, bukan klien pantia sosial tresna werdha atau panti sosial serta jika mereka suami isteri, maka yang berhak mendapatkan adalah salah satu diantara mereka.

Dalam hal ini, Pemkab Jember memberikan Jaminan Kesehatan Daerah, dokumen adminduk, dan beberapa lansia  akan memperoleh catering lansia 3 x sehari diantar setiap hari ke rumah dan beras daerah/rastrada.

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR berharap dengan adanya penyaluran ini, kualitas hidup dan jaminan sosial lansia di Kabupaten Jember dapat meningkat, karena mereka juga adalah bagian dari masyarakat yang pernah dan masih memberikan andil yang cukup besar bagi pembangunan.

Selain itu, hal ini merupakan perwujudan janji kerja Bupati dan Wakil Bupati untuk mewujudkan perlindungan dan kesejahteraan bagi lansia, anak-anak dan difabel di Kabupaten Jember.  (mul/mia/hms)

Post a Comment

0 Comments