Ketua PMI Jember dan Anggotanya Gerilya Bagikan Antiseptik dan Masker


Jember, Kabarejember.com 
---- Gerak cepat dengan tanggap untuk mencegah penyebaran virus korona di masyarakat, khususnya di para jurnalis Jember, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jember bersama anggotanya Jumat (20/3/2020) melakukan gerilya pemasangan Hand Sanitizer dan membagikan masker gratis kepada para jurnalis.

Pemasangan Hand Sanitizer dan pembagian masker dilakukan di sekretariat organisasi jurnalis, diantaranya di sekretariat  Ikatan JurnalisTelevisi Indonesia (IJTI) Tapalkuda, Forum Wartawan Lintas Media (FWLM), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan di kantor -kantor radio, media cetak seperti Radar Jember dan Memo X Biro Jember. 
Pemasangan antiseptik dan pembagian masker gratis ini juga dilakukan ke sejumlah tempat-tempat pelayanan umum diantaranya kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Jember, kantor Samsat yaitu pelayanan pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) Satlantas Polres Jember, pasar tradisional dan juga sejumlah tempat ibadah. 

Ketua PMI Cabang Jember, H EA Zaenal Marzuki SH MH, menjelaskan, bahwa PMI tidak hanya sekedar memberikan bantuan, sekaligus memberikan edukasi dan sosialisasi bagaimana menghadapi situasi dan kondisi merebaknaya virus korona di Indonesia. Itu sesuai himbauan pemerintah dan organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO).

“Yang utama sebernarnya bagaimana kita membiasakan diri hidup bersih dan sehat di lingkungan bersih, makan yang teratur dan bergizi ditambah multi vitamin serta berolah raga, cuci tangan dan memakai masker, jika fisik ini sehat maka kekebalan tubuh akan meningkat dan tidak akan mudah terserang penyakit,” jelasnya.

Makanya, kata Marzuki, pengetahuan itu akan terus dilakukan baik langsung maupun melalui media massa. Diakuinya memang ada kendala mendapat bahannya, sulit dan langkah, tapi PMI akan terus berusaha, asal stoknya ada, akan dibeli, dan langsung dibagikan kepada masyarakat, kalau perlu hingga di tempat umum di kecamatan-kecamatan.  Program selanjutnya, penyemprotan. 

“Pada situasi seperti sekarang ini, Palang Merah Indonesia dipanggil,  bukan hanya sekedar dari masyarakat, tetapi Tuhan (Allah SWT) yang memanggil kita untuk menyelamatkan manusia, saya bilang kepada teman-teman, sudah lakukan apa adanya, jangan pernah ragu menjalaninya," tegasnya.

Pembagian masker dan pemasangan hand sanitizer gratis itu, lanjutnya, sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat, tak terkecuali, para pekerja media yang kesehariannya bertugas peliputan di lapangan yang terkadang, demi memburu berita, lupa akan kesehatan dirinya dan karena itu PMI Jember hadir salah-satunya untuk melindungi para jurnalis.

Untuk itu, Ia berpesan  agar jurnalis selalu menjaga kebersihan diri, sarana dan prasarana di tempat kerja dan senantiasa menjaga pola hidup sehat dengan melakukan pembersihan interior dan eksterior tempat kerja secara rutin sebelum atau sesudah bekerja. 

“Karena dalam pencegahan virus Korona bisa dimulai dari diri sendiri dan hal yang kecil. Karena itu terima kasih banyak  telah dibantu, tanpa teman-teman media tentu masyarakat tidak tersentuh, dan sebagai jurnalis agar melaksanakan tugasnya dengan baik," pungkasnya. 

Kertua Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember, Ihya Ulumiddin, mengapresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua PMI Jember, Zaenal Marzuki dan anggotanya yang sudah peduli keselamatan para kuli tinta.  Pria yang akrab disapa Udik ini mengakui, memang selama ini, lantaran untuk memburu berita, hingga lupa menjaga kesehatan dirinya. 

“Terima kasih sudah diingatkan dan dibantu Hand Sanitizer dan masker, mudah-mudahan bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh teman-teman jurnalis. Sehingga dalam menjalankan tugasnya sebagai kuli tinta bisa aman," katanya. 

Sementara itu, Ketua PWI Jember Sigit mengucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya kepada teman -teman jurnalis. "Pemimpin itu harus selalu hadir di tengah tengah warga, apalagi disaat dibutuhkan kehadirannya, langkah Ketua PMI Jember ini patut kita apresiasi, dan kita dukung dengan publikasi kegiatan moral nya ini," ucap Sigit. 
Senada diungkapkan Ketua IJTI Tapal Kuda Jember, Tommy , gerakan yang dilakukan PMI Jember sangat positif karena membantu warga agar tetap waspada dan tanggap di lingkungannya masing masing sehingga tidak muncul kepanikan dan kegelisahan di masyarakat.  (Tim *)

Post a Comment

0 Comments