PMI Jember Ajak Masyarakat Tangguh Hadapi Covid-19



Jember, kabarejember.com
 - Pandemi Covid-19  yang saat ini terus melonjak masyarakat terkonfirmasi diperkirakan masih akan terus berlangsung. Sehingga mau tidak mau masyarakat harus membiasakan diri hidup baru  (new normal) dan tangguh menghadapi virus tersebut.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember, Rabu (8/7/2020) menerjunkan empat tim atau 16 personil yang dilengkapi armada dan perlengkapan pendukung untuk melakukan promosi kesehatan (promkes) serta mengedukasi masyarakat agar berprilaku pola Hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan tetap menggunakan masker serta mematuhi protokol kesehatan.

"Hari ini kita bentuk tim yang akan melakukan promkes dan edukasi kepada masyarakat, sesuai hasil evaluasi dan yang disampaikan oleh ketua Umum PMI Pusat, Bapak Jusuf Kalla, bahwa corona ini diperkirakan akan berlangsung selama 2-3 tahun dengan kondisi seperti saat ini, " ujar Ketua PMI Kabupaten Jember H. E. A. Zaenal Marzuki, SH, MH.

Oleh karena itu, tambah Zaenal Marzuki, kami di daerah akan terus turun langsung ke masyarakat untuk memberikan edukasi, agar masyarakat tetap menggunakan masker untuk melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut, "tambahnya.

Selain gencar melakukan promosi kesehatan dan edukasi tentang PHBS kepada masyarakat PMI juga tetap terus melakukan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat umum, pondok pesantren, sekolah, serta membagikan alat semprot (hand sprayer) di pondok pesantren agar dapat melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri.

" Kita tidak cukup kalau hanya menyampaikan imbauan lewat kantor dan membagikan brosur imbauan, tapi kita harus hadir ditengah tengah masyarakat untuk menyampaikan langsung dan menjawab apa yang menjadi keluhan masyarakat, sehingga edukasi yang disampaikan bisa langsung diterima oleh masyarakat, "ungkapnya.

Zaenal Marzuki berharap masyarakat akan terbiasa dan tangguh dalam menghadapi virus Covid- 19, dengan menerapkan PHBS dan melakukan physical distancing. Kegiatan ini akan terus berlangsung secara berkala, kita keliling ke masyarakat di kecamatan-kecamatan, hingga terbebas dari pandemi Covid-19, target kami masyarakat tangguh dalam menghadapi bencana non alam wabah seperti saat ini, "pungkas Zaenal Marzuki. (her/gee)

Post a Comment

0 Comments