Disparpora Kabupaten Mojokerto Gelar Mangesti Suro Ruwat Agung Bumi Nuswantara Tahun 2021



Mojokerto – Bertempat di Pendopo Agung Sentonorejo Trowulan Kabupaten Mojokerto Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga ( Disparpora) Kabupaten Mojokerto menggelar Malam Mangesti Suro (Resepsi Suro) 1955 Tahun Saka atau Tahun 2021, Virtual di Pendopo Agung Trowulan Mojokerto, Jum'at (20/8) malam.

Event Magesti Suro ini merupakan satu diantara acara dalam rangkaian acara Ruwat Agung Bumi Nuswantara 2021 Tahun Saka 1955 dalam rangka melestarikan dan menghidupkan atau uri-uri budaya bangsa. Rangkain acaranya dimulai 18 Agustus 2021 Kirab Undo-Undoh virtual bertempat di Situs Sumur Upas Sentonorejo, Ruwat Sukerto virtual di Gedung Kesenian Disparpora, dan Festival Macapat virtual tingkat SMA sederajat di Gedung Kesenian Disparpora. Hingga acara puncak Saserahan Pusaka dan Mangesti Suro di Pendapa Agung Trowulan.

Malam Mangesti Suro dibuka dengan prosesi saserahan pusaka kepada Bupati, diteruskan Wedar Sesaji, ditutup dengan doa lintas kepercayaan oleh enam pemuka agama, serta wayang kulit bertajuk “Prajnaparamita Wilwatikta” Dewi Kebijaksanaan Tertinggi (Tribhuana Tunggadewi).

Bupati Ikfina menerangkan Mangesti Suro merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Namun tahun kemarin sempat tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19, tetapi saat ini Pemkab Mojokerto berupaya untuk bisa melaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 dengan kebiasaan baru dan prokes.

"Mudah-mudahan kita bisa melestarikan budaya di wilayah Mojokerto dan sebagai upaya acara spiritual doa lintas agama untuk meminta kepada yang maha kuasa untuk diberikan kekuatan dan diberikan kemudahan sehingga masalah-masalah yang kita hadapi terutama terkait pandemi Covid-19 segera bisa kita atasi," ucap Bupati.

Hadir pula dalam acara malam Mangesti Suro itu, Wakil Bupati Muhammad Albarraa, Plt. Sekdakab Himawan Estu Bagijo, Forkopimda dan OPD. (Anik)

Post a Comment

0 Comments