MENELUSURI JEJAK SEJARAH DESA SAWIJI KECAMATAN JOGOROTO



Jombang - Merdekanews.net

Jombang merupakan wilayah yang nyaris tidak tersentuh historisitas, khususnya sejarah masa klasik atau kuno. Historistas Jombang selama ini hanya terkutat pada fragmen materi-materi dan berupa mozaik yang perlu ditata dan direkonstruksi kembali. Namun untuk historistas yang berbau mistis pun perlu kita kupas asal muasal suatu tempat tersebut. Dengan demikian team sakral nusantara kembali menyusuri jejak sejarah Desa Sawiji. 


- Makam sesepuh dan Pembabat Desa Sawiji yang dikenal dengan nama Syech Waluyo , merupakan makam bersejarah. Makam itu berada di daerah Kecamatan Jogoroto Desa Sawiji, Kabupaten Jombang. Makam yang sempat dikenal keramat & sakral pada masanya itu, warga desa tersebut juga mempercayainya sebagai makam pembabat desa.



Berdasarkan cerita rakyat jaman dahulu, diperjelaskan bahwa makam itu adalah makam sesepuh pembabat Desa Sawiji Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Ditempat itu Team Sakral Nusantara Datang untuk menguak sejarah Desa dan Asal-usul sipembabat Desa tersebut. Sabtu 16/10/2021 22:00 WIB


Ketika Ketua Team Sakral Nusantara. Aan Teguh Prihanto mewawancarai salah satu warga, dia menjelaskan bahwa makam tersebut ialah makam sesepuh pembabat Desa.


-Hasil dari wawancara tadi. Salah satu warga Desa menyampaikan kepada kami Team Sakral bahwa, makam itu adalah makam sesepuh pembabat Desa Sawiji yang dikenal dengan nama makam Syech Waluyo. Akan tetapi warga desa tidak tahu asal usul siapakah Syech Waluyo itu, dan bertujuan apa saja datang kedesa.

Untuk lebih lanjutnya, kami Team Sakral akan melakukan mediasi bersama mediator untuk menggalih lebih dalam lagi sejarah tersebut. Ungkap Ketua Team Sakral kepada media. Sabtu 17/10/2021.


Ketika Team Sakral melakukan mediasi bersama mediator yang dirasuki mahluk astral ditempat tersebut mengatakan bahwa Syech Waluyo itu merupakan sosok sesepuh pembabat Desa Sawiji. Selain itu, mediator juga mengatakan bahwa Syech Waluyo Datang dari Demak bintoro ke Desa Sawiji untuk syiar Agama Islam, tepatnya di Tanah Majah pahit pada masanya.


Saat mediasi, Mediator itu mengatakan bahwa' Syech Waluyo juga seseorang yang dulunya pernah mempersatukan Penduduk Kerajaan Majah Pahit dan Kerajaan Demak Dimasa setelah Wali Songo (Wali sembilan). Dengan jejak itu. Desa Tersebut Dikenal dengan nama Desa Sawiji yang Artinya: Dimasa itu tempat Bersatunya penduduk kerajaan Maja Pahit Dan Kerajaan Demak.


Demikian Team sakral mengupas sejarah Desa tersebut. Saling menghargai pendapat, Kepercayaan atau tasamu merupakan sebuah kebaikan, karna tidak ada kebenaran yang mutlak. Kebenaran secara mutlak hanyalah milik ALLAH SWT.”


(Rina)

Post a Comment

0 Comments