Warga RW 1 Kelurahan Ditotrunan Gelar Pemilihan Ketua


LUMAJANG - Warga RW 1 Kelurahan Ditotrunan Kecamatan Lumajang, menggelar pemilihan calon ketua Rukun Warga (RW) pada Minggu (6/2/2022).

Pemilihan yang digelar di Jalan Iptu Jama'ari tersebut berlangsung semarak layaknya pemilihan kepala desa (Pilkades), lantaran didukung oleh seluruh warga setempat. 

Sejak pagi, warga sudah berbondong ke lokasi tempat pemungutan suara. Mereka datang dengan membawa surat undangan dari panitia untuk antri menunggu panggilan pencoblosan.

Antusiasme warga terlihat sejak sekitar pukul 08.00 WIB, tatkala puluhan warga antre di TPS. Adapun para petugas TPS, mulai dari panitia hingga perwakilan RT sudah siap melayani warga yang datang untuk memilih ketua RW.

Layaknya proses pencoblosan, warga yang membawa undangan datang kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu suara. 

Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos empat kandidat ketua RW yang ada, untuk krmudian memasukkan kartu suara tersebut ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas

Ketua Panitia Pemilihan RW 1 Teguh Ekaja menerangkan, pemilihan ketua RW secara langsung kali ini merupakan pemilihan yang ketiga kalinya di lingkungan setempat. Namun bukanlah ajang persaingan, melainkan kebersamaan.

"Pemilihan langsung seperti ini sudah berlangsung ketiga kalinya. Kalau nanti ada ketua RW yang terpilih tidak amanah, tentu akan dimarahi warga," ujarnya terkesan bergurau, Minggu (6/2/2022) di TPS.

Menurutnya, pemilihan ini sesungguhnya hanya sekedar membangkitkan partisipasi warga RW 1 dalam hal demokratisasi.   Nantinya, masing-masing calon ketua yang terpilih dapat menjalankan tugas dengan amanah. 

Dalam pemilihan itu, sebanyak 600 Pemilih menentukan siapa di antara empat kandidat ketua RW yang mendapat kepercayaan warga.

"Pemilik suara disilahkan memilih salah satu dari empat kandidat ketua RW. Ini demokrasi. Hak warga tetap dilindungi," jelas Teguh saat bertugas menjadi ketua panitia dengan mengenakan pakaian batik berwarna merah.

Sedangkan panitia pemilihan yang lain, secara serempak mengenakan pakaian khas Lumajangan.

Salah satu warga, Andi Sasmito mengungkapkan bahwa pemilihan ketua RW tahun ini tidak semeriah pemilihan tahun sebelumnya.

"Pemilihan RW yang sekarang semarak ya, tapi menurut saya tidak seramai pemilihan di tahun sebelumnya. Kalau dulu dua kandidat, tapi yang sekarang diikuti empat kandidat dari warga mulai RT 1 sampai RT 6," katanya.

Ia mengimbuhkan, sayangnya pelaksanaan pemilihan ketua RW 1 Kelurahan Ditotrunan ini nampak sangat demokratis sekali. Mulai sejak pendataan DPT, sudah dipersiapkan dengan baik. Dari proses pemilihan ini, apresiasi warga benar-benar tersalurkan.

Sedangkan Lurah Ditotrunan, Moh Latif menyatakan dirinya menyambut baik pelaksanaan Pemilihan Ketua RW tersebut, namun dirinya meminta maaf tidak bisa menghadiri kegiatan tersebut karena ada halangan.
.
Namun demikian pihaknya berharap siapapaun yang terpilih nantinya sebagai Ketua RW harus didukung penuh oleh seluruh unsur masyarakat sekitar.

“Sebab peran Ketua RW pada akhirnya sangat vital karena mereka merupakan ujung tombak pemerintahan di Kelurahan Ditotrunan ini” tandas nya.

Dalam perhitungan suara yang dilaksanakan Panitia kurang lebih pada pukul 13:00 dan selesai sekitar pukul 14:00 membuahkan hasil yakni Imam Khambali no urut 2 memperoleh 128 suara, sementara paslon no 1
memperoleh 53 suara, paslon no 3 memperoleh 88 suara,  dan paslon no urut 4 memperoleh 183 suara. Dengan demikian pemilihan ketua RW 1 Kelurahan Ditotrunan dimenangkan atas nama Nurul Lutfiati. (bam)

Post a Comment

0 Comments