TINGKATKAN MINAT BACA, NING ITA GENCARKAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DI SEKOLAH


 
                                       
Mojokerto -Merdekanews-.id Arahan Wali Kota Mojokerto untuk terus berinovasi dalam untuk meberikan pelayanan publik yang lebih cepat dan lebih baik khususnya bagi generasi penerus bangsa di era industri 4.0 dijawab oleh SMPN 2 Kota Mojokerto dengan inovasi dalam hal literasi yaitu aplikasi dalam perpustakaan digital SIPUSER dan Ruang Podcast SMPN 2 Kota Mojokerto.

Pada Rabu (30/3/2022) perpustakaan berbasis website Sistem Informasi Perpustakaan Elektronik Pemersatu (SIPUSER) dan Ruang Podcast SMPN 2 Kota Mojokerto diresmikan secara langsung oleh Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto, Amin Wachid serta Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto, Sony Basuki Rahardjo.

Usai peresmian, Ning Ita (sapaan akrab Walikota) mencoba secara langsung SIPUSER dan berpodcast bersama siswa SMPN 2 dengan tema Soekarno Kecil.

Menurut Ning Ita koleksi buku fisik yang ada dimiliki SMPN 2 sudah lumayan banyak, namun koleksi elektroniknya masih terbatas. Oleh karena itu, ia mengarahkan agar SIPUTER dapat diintegrasikan dengan aplikasi KOMOLIB (Kota Mojokerto Library) yang diampu oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip.

“Aplikasi yang bernama KOMOLIB ini sudah memiliki ribuan koleksi ebook, karena sudah bekerja sama dengan beberapa penerbit nasional. Nah ini bisa diintegrasikan jadi tidak harus SMP Negeri 2 melakukan pengadaan sendiri untuk koleksi e-booknya tapi bisa cukup dengan bekerjasama mengintegrasikan aplikasi SIPUSER dengan aplikasi KOMOLIB milik Pemerintah Kota Mojokerto,”jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan dengan adanya perpustakaan digital anak-anak tetap bisa membaca tidak harus selalu datang ke ruang perpustakaan “E-book bisa diakses melalui gadgetnya, mereka tidak harus selalu datang ke ruang perpus, kan bisa dibaca di mana saja yang penting saluran internetnya ada, sambil nongkrong di taman-taman kan tetap bisa membaca, budaya literasi nya ini kita kuatkan dengan cara mengikuti perkembangan teknologi digital.”tutur Ning Ita.

Tentang kegiatan podcast yang diselenggarakan di SMPN 2, Ning Ita menyampaikan bahwa ini merupakan jawaban atas kebutuhan anak-anak kita yang sering sekali menggunakan sosial media untuk berbagi untuk sharing. “Podcast ini rutin dilakukan dengan mengundang tamu-tamu yang tentu harapannya tamu tamu yang diundang di dalam ngobrol melalui podcast Ini bisa memberikan semangat motivasi sekaligus inspirasi bagi anak-anak generasi penerus bangsa Kota Mojokerto agar memiliki cita-cita yang tinggi karena proses untuk mewujudkan cita-cita itu tidak bisa didapatkan dengan waktu yang singkat dibutuhkan proses panjang dan semangat serta konsistensi.”harap Ning Ita.

Ditambahkan oleh Amin Wachid bahwa perpustakaan digital Si Puser milik SMPN 2 Kota Mojokerto merupakan perpustakaan digital ketiga yang ada di SMPN Kota Mojokerto. "SMPN 1 dan SMPN 5 juga ada, kita berharap nantinya seluruh SMPN di Kota Mojokerto akan memiliki perpustakaan berbasis web. Agar bisa menjawab tuntutan perkembangan jaman yang serba digital," ungkapnya.yn.

Post a Comment

0 Comments