^KSU DESA PEMOGAN MENINGKAT PESAT PASCA PANDEMI COVID LONGGAR"

Denpasar, Merdekanews.id
Sejak pandemi covid19 mewabah , pertumbuhan  ekonomi boleh di bilang porak poranda dalam kurun 2 tahun terakhir ini.  Beberapa pengusaha pun mengalami pailit atau gulung tikar yang kemudian ber imbas pada tinggi nya PHK serta pengangguran.  
Terlebih bagi daerah yang mengandalkan income nya dari 1 sektor saja seperti Bali. Pulau dengan seribu Pura ini , 85 % nya bertumpu pada sektor pariwisata . misal saja Kabupaten Badung  ,  padahal sejak covid19 itu mewabah, intensitas pariwisata terganggu akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) , dan berimbas pada turun nya kunjungan “wisman dan wisdom” ke Bali dalam 2 tahun ini . Di beberapa tempat usaha pun di kawasan pariwisata,  seperti Kuta dan Nusa Dua serta kawasan pariwisata lain nya, sebagian karyawan nya di rumah kan (PHK)  bahkan di berhentikan karena usaha nya gulung tikar. Itulah beberapa realitas yang kini mendera Bali pasca covid19 mewaba . kini wabah covid19 melandai dan Bali mulai membuka kran kunjungan wisatawan mancanegara , begitupun dengan keberadaan salah satu lembaga keuangan mikro di Denpasar , seperti KSU Pemogan makin menggeliat.  Berdasar catatan,  walau target yang di pasang belum mampu di penuhi kisaran 30 % namun Koperasi penuh prestasi tingkat nasional itu, perputaran keuangan nya berjalan lancar .  Itu berdasar dari aset koperasi yang tetap naik di tiap tahun nya meski tak sesuai targetnya. Aset koperasi hingga kini mencapai 108 Milyar dengan jumlah anggota 2464.  
“Astungkara sejak covid19 longgar , koperasi mengalami peningkatan,  kunci nya karena koperasi ini mengedepankan aspek kekeluargaan sehingga anggota nya menaruh kepercayaan yang tinggi kepada nasabah ” ungkap ketua KSU Desa Pemogan,  I Dewa Bagus Putu Budha,  SE. MM kepada merdeka , Sabtu (1/10/2022 ) di ruang kerja nya . 
Aspek kekeluargaan menurut Dewa , saat anggota mendapati masalah keuangan seperti saat pandemi , pihak koperasi selalu memberi solusi yang tepat dan tidak memberatkan anggota.  “tentu dengan kondisi seperti ini akan berdampak pada lancar nya kredit anggota, dan kami menyadari penuh “lanjut Dewa. dan Langkah itu di tempuh,  agar anggota KSU Desa Pemogan tidak terlalu terbebani akibat pandemi . 
( Anw)

Post a Comment

0 Comments