Dalam upaya mengantisipasi cuaca ekstrem hingga bencana alam.


Merdeka News id.
Karimun 11/11/2022.
Dalam upaya mengantisipasi cuaca ekstrem hingga bencana alam, Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun berserta sejumlah stakeholder menggelar apel siaga dilapangan Mapolres Karimun, Senin (21/11/2022) pagi.

Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim mengatakan apel siaga ini digelar dalam rangka mengantisipasi adanya ancaman bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Mari bersama-sama kita mengantisipasi secara dini penanganan bencana alam baik yang disebabkan oleh banjir, cuaca ekstrem, gempa bumi, tanah longsor dan yang lain-lain yang akan berdampak pada gangguan kamtibmas,” ucapnya.

Selain itu, ia juga meminta Stakeholder dapat bekerjasama untuk menyiapkan tempat pengungsian dan bantuan berupa sembako, obat-obatan dan tenaga medis dalam rangka penanggulangan para korban bencana alam. Kemudian, agar segera melakukan pendataan daerah rawan longsor, banjir, gempa bumi dan lain-lain, jumlah rumah dan penduduk yang tinggal di daerah rawan bencana.

“Sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk mewaspadai dan mengantisipasi kondisi alam tersebut serta menyiapkan secara dini kekuatan personel dan sarana prasarana yang siap untuk di gerakkan untuk melakukan evakuasi, pemberian bantuan korban, pengawalan bantuan sembako dan obat-obatan bagi korban bencana alam,” jelasnya.

Disamping itu ia juga menyampaikan agar pihak terkait dapat memberikan pelatihan terhadap personel tentang tata cara penanggulangan bencana alam. Dan apabila terjadi banjir, longsor agar petugas lalu lintas memasang rambu-rambu untuk mengarahkan masyarakat mengambil jalan alternatif yang aman.( LBS )


Post a Comment

0 Comments