"PUNCAK PERINGATAN HKN KE-58, WALI KOTA MOJOKERTO RESMIKAN GEDUNG BARU DUA PUSKESMAS


Kota Mojokerto-Merdekanews.id-Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meresmikan gedung baru Puskesmas Gedongan dan Mentikan dalam Puncak Peringatan Hari Kesehatana Nasioanl (HKN) ke-58 di Pendopo Asrama Cikaran, Jalan Gajah Mada, Jumat (2/12) pagi.

Mengingat, infrastruktur merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatakan derajat kesehatan di Kota Mojokerto. Dimana dengan peningkatan tersebut, diharapkan dapat mendukung kelancaran berbagai aspek pembangunan di Kota Mojokerto.


“Setiap tahun kita mengupayakan bagaimana sarana dan prasarana di bidang kesehatan terus kita lakukan revitalisasi, di-upgrade, agar lebih layak dan memadai,” ujar wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini.


Sebagai informasi, Puskesmas Gedongan semula terletak di Jalan Gajah Mada. Kini gedung baru berada di atas lahan aset Pemkot Mojokerto di Jalan Sawunggaling, Kelurahan/Kecamatan Magersari. Relokasi tersebut dilatarbelakangi oleh minimnya ketersediaan lahan parkir. Sedangkan di puskesmas Mentikan, dibangun dengan menambahkan sejumlah fasilitas baru, seperti ruang laktasi, play ground, dan area parkir yang lebih luas.


Kedua puskesmas tersebut dijadikan percontohon, yang tidak hanya melayani kesehatan umum, namun juga spesifikasi berdasarkan masalah kesehatan yang paling sering ditangani oleh faskes di masing-masing daerah. Puskesmas Gedongan diperuntukkan perawatan kesehatan terkait kejiwaan dan Puskesmas Mentikan difokuskan layanan terkait reproduksi.


Kemudian, juga dilakukan relokasi Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Mojokerto. "Saat ini kami sudah menyediakan lahan. InsyaAllah, mohon doa restunya. Tahun 2023 akan dibangun gedung Labkesda baru di Jalan Benteng Pancasila, dengan standar yang lebih tinggi," ujar wali kota.


Selain infrastruktur, upaya juga dilakukan dengan memberikan ruang bagi para tenaga kesehatan untuk meningkatkan kapasitasnya. Terbukti, salah satu nakes terpilih sebagai Tenaga Kesehatan Teladan (Nakesdan) 2022 tingkat nasional, mewakili Jawa Timur, dengan inovasi boneka tangan (SI MOMO NEKAT) untuk mengedukasi masyarakat dalam upaya menekan angka stunting.


Dalam forum tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan bagi tenaga Kesehatan teladan tingkat Kota Mojokerto. Serta pemberian hadiah bagi pemenang lomba-lomba peringatan HKN yang digelar beberapa waktu lalu. yn.

Post a Comment

0 Comments