Upt Puskewan Senduro, Pengecekan Harga Daging Dan Kwalitas. Pasar Tradisional Yang Dalam Binaanya.


Lumajang, Merdekanews.id Upaya Pemerintah Kabupaten Lumajang mengendalikan inflasi di bulan ramadan dan menjelang Idulfitri 2023  lewat operasi pasar murah (OPM).di adakan dinas peternakan dan pertanian melalui Upt Puskeswan Senduro.
"Budi Mulyo'selaku kepala upt puskeswan senduro,menyebut pengawasan terhadap hasil pertanian dan peternakan selalu dilakukan secara berkala.
Tidak hanya perihal ketersediaan stok, aspek kualitas juga jadi sasaran pengawasan kualitas hasil pertanian dan peternakan.

Bahkan, pengawasan daging ayam dan sapi sudah dilakukan sejak beberapa minggu yang lalu, untuk memastikan kualitas daging hasil dari peternakan melalui UPT Puskewan masing-masing. di lakukan serentak seluruh kabupaten lumajang.

Bukan itu saja, para medik kami juga melakukan monitoring daging ke pasar-pasar yang berada dalam wilayah pembinaan kami. 

“Hal itu di lakukan untuk ketahanan bahan pangan serta produk ternak yang aman, sehat, dan halal sehingga bisa, layak konsumsi oleh masyarakat,” kata budi, Jumaat,14/04/2023.

Budi Mulyo",mengungkapkan hingga saat ini pihaknya belum ada temuan daging berpenyakit di pasar tradisional, dalam wilyah binaanya. mulai dari pasar tradisional senduro, sampai pasar dawuhan, kecamatan Padang

Meski demikian, menjelang lebaran pengawasan akan kualitas daging semakin diperketat agar kualitas daging yang sampai ke masyarakat bisa terjamin.

Sedangkan untuk ketersediaan stok daging sapi di dalam wilayah pembinaan Upt Puskeswan Senduro menurut Budi, masih cukup aman hingga lebaran nanti.

"Kegiatan dilakukan Sebelum puasa hingga sekarang,  kami membawa beberapa tim medik. Diantarnya personil medik veteriner 3 orang dan paramedik 8 orang.

Dari hasil pantuan kami harga daging masih stabil. Harga daging sapi 110-115 rb, daging ayam potong 32-34 RB , ayam buras 80 RB/ekor, telur ayam ras 25-27 rb,Telur puyuh 36rb/kg, secara umum kualitas baik, kuwantitas tercukupi.pungkanya. ( Arifin )

Post a Comment

0 Comments