Jaring Bakat dan Minat Siswa, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Jember-Lumajang, Gelar SMA Award 2023 di SMAN Yosowilangun


Lumajang, Merdekanews.id Belajar, memaksimalkan diri dan menyalurkan hobi dalam bidang yang diminati merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi setiap pelajar.

Mengembangkan minat dan bakat bertujuan agar seseorang siswa di kemudian hari bisa bekerja di bidang yang diminatinya sesuai dengan kemampuan serta minat dan bakat yang dimilikinya. Sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuannya untuk belajar dan bekerja secara maksimal. Ini juga yang membuat mengembangkan minat dan bakat di sekolah sangat penting bagi masa depan siswa. Sebab itulah diperlukan sebuah ajang penjaringan bakat dan minat pelajar.
Di Lumajang pada tahun 2023 ini digelar Ajang Penjaringan Bakat dan Minat pelajar tingkat SMA Negeri maupun Swasta. Bertempat di SMA Negeri Yosowilangun Lumajang, Senin (18/9/23) sampai dengan Kamis (21/9/23).
Dalam sambutannya, Kepala Cabang Dinas Wilayah Jember-Lumajang, Sugeng Trianto, S. Sos., MM. mengungkapkan bahwa SMA Award merupakan wujud implementasi Kurikulum Merdeka. 

“Cabang-cabang lomba pada SMA Award merupakan refleksi dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). (Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, Kreatif, Bergotong-Royong, serta Berkebinekaan Global,” imbuh Kakancab Dinas Pendidikan Wilayah Jember-Lumajang saat membuka acara. 
Sugeng juga menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman berkompetisi pada siswa-siswi SMA dengan menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan keberadaban. 
Selain itu, kompetisi ini untuk meningkatkan prestasi siswa-siswi SMA di Kabupaten Lumajang berbagai event nasional.

“Alhamdulillah kegiatan Mendapat respon positif dari semua lembaga, terbukti dengan mengikuti sertakan siswa siswa adil dalam even ini,” ujarnya.
Sementara itu, kepala SMAN Yosowilangun, Agus memberikan apresiasi tertinggi kepada Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Jember – Lumajang yang telah menyelenggarakan SMA Award.

Menurutnya, kegiatan semacam ini memberikan wadah kompetensi siswa di berbagai bidang baik seni, olahraga serta bidang spesifik kekinian. Kabupaten Lumajang sudah dikenal sebagai Kabupaten yang memiliki prestasi luar biasa. Salah satunya, melalui KSN.
Dia juga sangat mengapresiasi seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan SMA Award 2023 dan berpesan pada para pemenang lomba untuk tetap mengedepankan karakter, etika, akhlak dan kepatuhan aturan. Ia juga berpesan agar tidak lekas puas dengan capaian lomba. 

Cahyo menambahkan SMA Award 2023 sangat mengapresiasi para peserta lomba. Menurutnya, ajang ini adalah salah satu upaya para pelaku dunia pendidikan untuk menempa diri menjadi yang terbaik. Seluruh SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Lumajang ambil bagian dalam kegiatan ini. Beragam potensi yang ada di tiap sekolah ditampilkan. “Dalam ajang ini saya yakin, akan lahir generasi muda hebat dengan beragam kompetensi yang kreatif dan inovatif,” tuturnya.

Sementara itu, ketua panitia SMA Award 2023 tersebut, Sigit, menjelaskan even ini diikuti oleh sebanyak 16 SMA Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Lumajang, dengan rincian 12 SMA Negeri dan 4 SMA Swasta.
Ditambahkannnya, para peserta mengikuti 3 kategori lomba, antara lain Futsal Putra dan Putri, Voly Ball Putra dan Putri, Basket putra dan putri.

Hal utama dalam wajibnya bakat siswa dikembangkan adalah demi masa depan siswa itu sendiri. Karena siswa adalah penerus bangsa, yang harus dibina, dibimbing dan dididik secara maksimal agar mampu menjadi penerus bangsa yang jujur, amanah dan juga berintelektual. Demi tercapainya semua itu maka diperlukan juga pengetesan minat dan bakat siswa yang dimana dari hasil tes ini minat dan bakat siswa akan lebih dimaksimalkan dengan program sekolah. 

Oleh karena itu, dengan kita mengenali dan mengembangkan minat dan bakat, maka kita akan dengan mudah meraih tujuan yang diinginkan. Manfaat selanjutnya adalah dapat mengetahui potensi dalam diri seseorang. Setiap individu tentu memiliki potensi diri yang banyak.
Peran guru sebagai seorang pendidik yang ditugaskan untuk mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, oleh karena itu guru harus mampu mengidentifikasi bakat setiap siswanya supaya dapat memberikan pengarahan dan mengembangkannya sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Jika bakat dan minat siswa terasah dengan baik, maka tidak akan sulit bagi siswa untuk meraih prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Dengan mengikutsertakan siswa pada perlombaan-perlombaan, siswa tidak hanya akan merasa termotivasi untuk berlatih dan mengasah bakatnya. Mereka juga akan tumbuh rasa optimis dan percaya diri. Perlombaan akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Siswa dapat mengamati peserta lain dan tidak jarang memetik pelajaran berharga dari pengalaman yang telah dilaluinya.

Masih katanya, mengingat bakat dan minat sangat penting bagi siswa untuk menyongsong masa depannya, Guru Pintar jangan malas untuk selalu mencoba berbagai cara mengembangkan bakat siswa. Karena sejatinya kebahagiaan seorang guru adalah kesuksesan siswa-siswanya
"Ajang ini yang dapat menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya," pungkasnya. (Mis)

Post a Comment

0 Comments