Terjadi Gempa 3.0 SR di Jatirejo Mojokerto

 


(Mojokerto) - merdekanews.id Warga di Dusun Losari, Desa Bleberan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto merasakan guncangan gempa pada, Senin (27/9/2021). Gempa dengan kekuatan 3,0 Skala Richter (SR) tersebut tidak berdampak pada kerusakan bangunan yang ada di sekitar lokasi. 


Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Mojokerto langsung mengecek ke lokasi gempa. Pusat gempa terjadi di lahan jagung milik Kepala Dusun (Kadus) Mujib tersebut terjadi pada, Senin (27/9/2021) sekira pukul 06.47 WIB. 



 

Plt Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, Lutfi Ariyanto mengatakan, dari hasil pengecekan tidak ditemukan berdampak pada kerusakan bangunan di sekitar. "Warga merasakan getaran gempa dengan durasi yang berlangsung antara 2-3 detik," ungkapnya. 


Masih kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto ini, petugas langsung melakukan pengecekan terhadap titik koordinat gempa dan dari hasil pemetaan titik pusat gempa berada di Dusun Losari, Desa Bleberan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. 


"Data BMKG menyebutkan, gempa dengan Mag: 3.0 SR, Lok: 7.61 LS, 112.44 BT (15 KM Tenggara Mojokerto - JATIM) dengan kedalaman 7 KM. BPBD Jatim bersama Pusdalop BPBD Kabupaten Mojokerto melakukan pengecekan titik pusat gempa sesuai titik koordinat yang di update oleh BMKG," katanya. 


Pusat gempa terjadi di lahan jagung milik Kadus Losari, Mujib. Dari hasil pengecekan di sekitar lokasi pusat gempa, tidak ditemukan adanya kerusakan. Meski tidak terjadi kerusakan bangunan di sekitar lokasi, namun warga dihimbau untuk tetep tenang dan selalu waspada.*(jekyridwan)

Post a Comment

0 Comments