Desa Sumbermujur Raih Peringkat 2 Lomba Siskampling Se-Jawa Timur


Lumajang, Kabarejember.com
  (12/07/2019) Keberhasilan Desa Sumber Mujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang berhasil menyabet juara 2 dalam Lomba Sistem Keamanan Lingkungan se-Jawa Timur di Makodam V Brawijaya dalam acara HUT Bhayangkara ke-73 membuktikan Satgas Keamanan Desa di Lumajang telah menjadi “Role Model” sistem pencegahan kejahatan secara nasional.

  Gelar ini diraih lantaran desa tersebut berhasil menerapkan konsep Satgas Keamanan Desa hingga mampu menekan angka kriminalitas hingga di titik nol dalam beberapa bulan terakhir. Meskipun masih berumur jagung, namun peran Satgas Keamanan Desa (SKD) yang merupakan  gagasan Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH dinilai sangat efektif menanggulangi berbagai permasalahan kamtibmas.

 Desain sistem keamanan yang di buat oleh Desa Sumber Mujur berupa one gate system dengan membangun 3 portal yang mengelilingi desa tersebut terbukti sangat efektif. Pola kerjanya anggota SKD menjaga ketiga portal tersebut, dan setiap orang asing wajib lapor bila memasuki desa sumber mujur, setelah itu akan diantar ke rumah tujuannya. Selain itu ada kegiatan Patroli SKD bersama bhabinkamtibmas dan Babinsa yang dilakukan secara rutin.

anggota Satgas Keamanan Desa (SKD) Sumber Mujur berjumlah 63 orang telah dibekali HT semuanya.

  Dalam pernyataannya, Kapolres Lumajang mengatakan penilaian yang dilakukan oleh Tim Dari Polda Jawa Timur secara dadakan tak membuat SKD Sumber Mujur kelabakan  “Penilaian dadakan dari pihak Polda Jawa Timur bukan menjadi masalah  bagi SKD tersebut, mengingat sistem keamanan yang diterapkan di desa sumbermujur tidak hanya di tujukan untuk lomba, tapi ril apa adanya seperti itu. Tanpa adanya lomba ini pun, desa ini sudah berhasil menciptakan sistem keamanan yang dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warganya,"

“Konsep Satgas Keamanan Desa di Lumajang bisa menjadi Role Model pencegahan kejahatan di Indonesia. Konsep SKD yang saya bangun ini muncul dari teori Community Crime Prevention yaitu sistem pencegahan kejahatan dengan melibatkan partisipasi masyarakat secara Informal. Saat ini jumlah anggota SKD se-Kabupaten Lumajang 5.940 personil yang tersebar di semua RW, serta dilengkapi HT dan seragam sebagai identitas satgas di desanya,“ ujar Arsal

Kapala Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Bapak Safi’i mengatakan “saya bersyukur SKD kami mendapatkan juara 2 tingkat provinsi Jatim. sebagai kepala Desa saya ingin membuat maju Desa saya sebagai Desa Wisata. Tapi semua tidak akan tercapai kalau tidak aman. jadi keamanan saya utamakan”

“Dengan adanya Program Satgas Keamanan Desa yang digagas oleh Kapolres, sangat kami dukung karena benar-benar bisa menciptakan keamanan di desa saya. semoga dengan semakin amannya Desa Sumbermujur, akam memajukan pariwisata disini” ungkap Safi’i.

Perlu diketahui Pariwisata di daerah Sumber mujur dan sekitarnya memang saat ini sedang berkembang. sebut saja Hutan bambu yang sudah terkenal, selain itu ada mata air alam yg dijadikan kolam renang, wisata taman bunga berkonsep Jepang ‘you and I Garden’ yang memiliki banyak spot swafoto, serta wisata sawah. di desa tetangga juga ada gunung wayang yang memiliki pemandangan dan spot foto yang keren. semuanya ini memperkuat pariwisata di daerah tersebut. semua pariwisata tersebut bisa berkembang karena sistem keamanan yang terbangun baik di Desa Sumbermujur. ( Suatman )

Post a Comment

0 Comments