Jember Tuan Rumah Festival Ham 2019


Jember, Kabarejember.com
Kabupaten Jember dipilih menjadi penyelenggara Festival HAM Internasional tahun 2019, salah satunya berdasar hasil survey International NGO Forum on Indonesia Development (INFID) tahun 2018 tentang pengaplikasian kota/kabupaten ramah dan layak HAM secara kompehensif. Selain itu, ada penilaian program pembangunan berkelanjutan (SDG’s) yang telah ditetapkan dan teraplikasi dengan baik di Kabupaten Jember.

Ada 17 item, sebagai indikator daerah yang telah melaksanakan program pembangunan bekelanjutan (SDG’s), diantaranya pemberantasan kemiskinan yakni pembayaran premi asuransi BPJS untuk masyarakat miskin, pelayanan adminduk gratis baik yang on the spot ataupun pelayanan di mall.

Item penting lainnya adalah pembangunan SDM yang komperhensif, dimana di Kabupaten Jember ada program beasiswa mahasiswa (D3, D4, S1, S2 dan S3) yang hingga kini telah mampu menyerap sebanyak 10.119 mahasiswa. Dukungan APBD untuk pendidikan di Kabupaten Jember juga telah jauh melampaui batas minimal alokasi anggaran pendidikan yang ditetapkan pemerintah pusat (20 persen), karena di Jember telah teralisasi anggaran pendidikan sebesar 34 persen.

Ada pula dukungan pemerintah berupa regulasi bagi kalangan disabilitasberupa Perda no 7 th 2016 (tentang pemenuhan dan perlindungan hak-hak penyandang disabilitas). Perlindungan dan peningkatan kualitas perempuan, anak dan lansia juga intens dilakukan di kabupaten Jember dengan dukungan regulasi dan kesempatan berusaha (job fair perempuan dan difabel pertama di Indonesia).

Pembangunan HAM berbasis budaya juga telah teraplikasi dengan baik di Jember, seperti wisata religi malam jumat manis di PP Al Qodiri, pembangunan embarkasi haji dan keterlibatan kalangan difabel di ajang event internasional (JFC). Perlindungan dan pemberdayaan pekerja migran Indonesia (PMI) beserta keluarganya juga intens dilakukan di Kabupaten Jember (regulasi hingga tingkat Perdes soal PMI dan pemberdayaan anak PMI-Kampung Tanoker Ledokombo).

Festival HAM ini dilaksanakan mulai tanggal 19 hingga 21 November 2019
Festival HAM  ini selain dihadiri oleh perwakilan berkompeten dari stakeholder di seluruh Indonesia, juga dihadiri oleh perwakilan 20 negara yang kini tengah melaksanakan pembangunan HAM berkelanjutan (SDG’s).

Sejumlah pembicara yang hadir dalam rangkaian Festival HAM 2019 ini diantaranya Muhadjir Effendi (Menteri PMK RI), Ahmad Taufan D. (Ketua Komnas HAM), Riri Khairiroh (Komnas Perempuan), dr. Faida, MMR (Bupati Jember), Chofifah Indar P. (Gubernur Jatim), Shin Gionggu (Guangju Metropolitan City), Nicole Immler (Utrecht), Wahyu Susilo (Direktur Eksekutif Migran Care), Gabriella F. (RWI), Sugeng Bahagjo (Direktur INFID) dan sejumlah pembicara kompeten lainnya. (mul/mia/hms)

Post a Comment

0 Comments