Menuju Zona Hijau, Polres Lumajang Tingkatkan Operasi Yustisi Malam Hari Di Akhir Pekan

 


Lumajang,Merdekanews.net  ----

Dalam rangka penegakan disiplin terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan serta upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) Polres Lumajang menggelar operasi yustisi secara rutin, bahkan malam hari.


Setelah melaksanakan apel Kompi Siaga B di Halaman Mapolres Lumajang,  personil Polres Lumajang menggelar operasi Yustisi di Alun-Alun Utara Lumajang, Minggu (22/3/2021) malam.


Operasi Yustisi dipimpin langsung KBO Reskrim Polres Lumajang Ipda Sujianto sebagai tindaklanjut Inpres No. 6 tahun 2020.


Beberapa warga yang melintas Alun-Alun Lumajang yang kedapatan tidak memakai masker langsung diberi teguran secara lisan dan diberi masker gratis oleh anggota Polres Lumajang. 


KBO Reskrim Polres Lumajang Ipda Sujianto melalui Ipda Andrias Shinta menyampaikan,  operasi yustisi yang digelar ini dalam rangga penanggulangan penyebaran virus Covid-19 diwilayah hukum Polres Lumajang. 


"Upaya penegakan disiplin prokes ini dilakukan untuk mendisiplinkan dan meningkatkan kepatuhan masyarakat sekaligus memberikan edukasi pentingnya selalu menjaga kesehatan. Meskipun saat ini Lumajang zona kuning artinya resiko rendah, kita tidak boleh kendor mendisiplinkan masyarakat" tutur Shinta. 


Menurutnya, operasi digelar pada malam hari karena cukup banyak masyarakat yang melakukan aktivitas terutama disekitaran daerah perkotaan 

untuk dilakukan himbauan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona. 


"Dalam operasi ini kami hanya memberikan teguran kepada masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker dan diberikan masker gratis," terang Ipda Andrias Shinta.


Selama operasi berlangsung petugas memberikan sanksi teguran sebanyak 53 orang pelanggar yang tidak menggunakan masker.


"Operasi yang digelar malam hari kemarin, petugas  memberikan sanksi teguran kepada 53 orang yang tidak menggunakan masker," ujar Shinta. 


Lebih lanjut,  Paur Subbag Humas menambahkan,  Selain menggelar operasi Yustisi, juga  mengantisipasi gangguan situasi kamtibmas pada malam hari di wilayah Kabupaten Lumajang.


"Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif. Harapan kami kesadaran masyarakat semakin meningkat sehingga Lumajang dapat segera berubah menjadi zona hijau." pungkas Shinta. ( misdi)

Post a Comment

0 Comments