PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Pembukaan Pelaksaan Pendidikan&Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja  Oku Merdekenews. Id Berdasarkan Klaster Kompetensi, Dinas Tenaga Kerja Melalui UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten OKU Tahun Anggaran 2022 di Ruangan Aula UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU. (Senin, 14/02/22).
Laporan Ketua Pelaksana Oleh Kepala  UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten OKU Farizal Chandra.,SP.,MM., Menyampaikan pembukaan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi Tahun anggaran 2022 dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU melalui UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten OKU.
Tujuan pelatihan mendukung program peningkatan kompetensi tenaga kerja produktivitas Tahun Anggaran 2022, menciptakan pencari kerja kompetensi di bidangnya.

Sasaran pelatihan tersedianya peluang kerja baru dengan kesempatan usaha bagi calon tenaga kerja, terbentuknya masyarakat aspiratif inisiatif dan produktif dalam berkesinambungan.

Peserta sebanyak 48 orang yang kesemuanya pencari kerja adapun jurusan pelatihan antara lain tata rias,1 angkatan 16 Orang, jurusan menjahit 1 angkatan 16 orang,tata boga 1 angkatan 16 orang materi pelatihan sebanyak 240 jam,selama 30 hari pelaksanaan pelatihan bertempat di Balai Latihan Kerja Kabupaten OKU, selama 1 Bulan.

Sambutan PLT Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU Helmi Purnomo, SE., Menyampaikan
bahwa pelatihan ini merupakan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten OKU terdiri dari  pelatihan menjahit,tata rias dan tata boga dengan masing-masing jurusan sebanyak 16 orang orang total Peserta 48 orang.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali  keterampilan dan pengetahuan para pencari kerja di Kabupaten OKU, sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan produktifitas dan menekan angka pengangguran guna meningkatkan kesejahteraan pencari kerja dan masyarakat.

Selain pelatihan yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten OKU,Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU melalui UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten OKU,pada bulan Mei Tahun 2022 juga melakukan pelatihan berbasis kompetensi  yang di danai dari APBN dan APBD Kabupaten OKU.

Sambutan PLH Bupati OKU sekaligus membuka acara pelatihan, Menyampaikan peserta pelatihan sebagai pencari kerja juga memiliki soft skill sehingga dapat bersaing di dunia kerja. Pencari kerja harus memiliki berfikiran kritis, kreatif, inovatif dan mampu beradaptasi. Soft skill lain adalah memiliki kemampuan kerja sama, berkolaborasi, manajemen waktu dan memiliki jaringan yang luas.

Tujuan diselenggarakannya pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada generasi muda khususnya masyarakat Kabupaten OKU yang belum memiliki keterampilan.

Pelatihan kerja mempunyai peranan penting untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM) yang kompetensi yaitu kemampuan untuk menguasai dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan di tempat kerja.

Salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas para pencari kerja dengan mengikuti kegiatan bertempat di Balai Latihan Kerja (BLK) merupakan salah satu instrument pengembangan sumber daya manusia yang diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang produktif sehingga nantinya mampu melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, kompeten.

Bagi Pemerintah sendiri keberadaan kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten OKU

Kehadiran peserta dalam pelatihan itu sangatlah memberi arti penting bagi angkatan kerja dan pelatihan ini juga merupakan salah satu upaya Lemerintah dalam meningkatkan keterampilan pekerja di Kabupaten OKU.

Manfaatkanlah ilmu yang diterima dari kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, agar kompetensi pencari kerja dapat diisi.

Besarnya harapannya, pada pelatihan ini terjalin komunikasi yang baik antara para peserta dengan penyelenggara sehingga tugas-tugas yang kita emban dalam rangka mengurangi angka pengangguran di masa depan dapat mengisi kesempatan kerja dengan sebaik-baiknya.

Acara dilanjutkan dengan dibukanya Pelaksanaan Pendidikan&Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh PLH Bupati OKU Drs. H.  Candra, M.H., didampingi oleh Para OPD dan PLH Ketua TP. PKK OKU serta fhoto bersama 

Turut hadir, 
Asisten I, Kepala OPD  Terkait, PLH Ketua TP. PKK OKU serta Undangan Lainnya.( jony/Jepri)



DUM...Terima Kasih 
Protokol & Komunikasi Pimpinan Pemkab OKU

Post a Comment

0 Comments