Giat Rutin Tahunan Sedekah Desa Pandanwangi Wujud Syukur Warga Ditandai Dengan Kirap Gunungan Hasil Bumi, Reog Dan Atraksi Jaranan


Jombang, Merdekanews.id - Hiburan Reog Ponorogo dan Jaranan, Kirap Punggowo untuk memeriahkan Sedekah Desa Pandanwangi Kecamatan Diwek Jombang, Minggu (5/3/2023). Sedekah Desa ini merupakan bentuk upaya pelestarian adat istiadat dan kebudayaan warisan para leluhur. Dalam ritual ini warga bergotong royong membawa hasil bumi diarak sepanjang jalan dusun Pandanwangi. 

Asan, S.H.  Kepala Desa Pandanwangi mengatakan bahwa sedekah desa ini adalah giat rutin setiap tahun desa Pandanwangi sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. 

"Alhamdulillah di tahun ini 2023 kami atas nama pemerintah Desa Pandanwangi mengucapkan syukur Alhamdulillah bisa melakukannya giat sedekah desa yang mana giat ini adalah giat rutin setiap tahun di desa ini, hal ini adalah bentuk perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT, " ujar Kepala Desa Pandanwangi.

Prosesi ritual dilaksanakan miniatur gunungan  hasil bumi yang di serahkan dari ketua panitia kepada Asan, SH. Kepala Desa Pandanwangi dan Bajuri Arif, Kapala Dusun Pandanwangi. 

"Kalau masalah hiburan menyesuaikan, anggaran dari guyup rukun masyarakat Pandanwangi, dan pemerintah desa Pandanwangi, ada reog dan jaranan dari grub Pandanwangi sendiri, " pungkas Kepala Desa sembari geser ke Dusun Butuh untuk acara serupa. 

Kegembiraan dan antusiasme warga membanjiri sepanjang jalan rute Kirap. 
Purwanto, Sekjen Panitia pelaksanaan sedekah desa kepada awak media menjelaskan random acara yang berlangsung. 

"Kenapa diadakan giat ini, tentunya Bersyukur kepada Allah SWT,atas nikmat nya,, serta tetap melestarikan budaya/kearifan lokal, " ungkap Purwanto. 

"Random acara,  Pertigaan RT 12 menuju ke Utara perempatan TK an nur ke barat sampai perempatan masjid belok kiri perempatan RT 16 belok kiri menuju rumah kasun.," tambahnya.

"Hiburan Jaranan karena warga pandanwangi banyak yang mempunyai grup tersebut, kami ingin meningkatkan kembali kesenian tradisional ini, dan REOG karena mempunyai daya tarik tersendiri,  kita ada unsur meningkatkan UMKM dalam kegiatan ini, Titik kegiatan di Rumah kepala dusun Pandanwangi dan makam mbah buyut, "pungkasnya. (Mac/ky)

Post a Comment

0 Comments