PP. Tahfidzul Qur'an Barokatul Hasanain Desa Kemuning Lor Arjasa Cetak Santri Hafal Al Qur'an


Jember,kaberejember.com 

---Al Qur'an adalah kitabullah yang diturunkan lafal dan maknanya kepada Nabi Muhammad SAW.

Alqur'an adalah kitab suci yang kekal abadi, serta terpelihara dan dijaga Oleh Allah SWT sampai akhir zaman.


Rasulullah SAW sangat mendorong sahabat dan umatnya untuk menghafal ayat - ayat suci Alqur'an. Orang yang menghafal Alqur'an mendapat posisi yang istimewa dihadapan Allah SWT dan Rasulullah SAW. Mereka yang menjjaga  Alqur'an melalui hafalan akan mendapat posisi yang terhormat dalam kehidupan di dunia dan akhirat.


Nabi Muhammad SAW mengibaratkan bagi orang mukmin yang tidak menghafal Alqur'an  adalah ibarat gubuk  kumuh yang nyaris roboh


" Orang yang tidak menghafal Alqur'an sedikitpun adalah seperti rumah kumuh yang hendak runtuh " ( HR.Tarmidzi ).

Bahkan Allah SWT telah menjamin terpeliharanya hafalan terhadap ayat-ayat suci Alqur'an " janganlah kamu menggerakkan lidahmu untuk ( membaca ) Alqur'an karena hendak  menguasainya, sesungguhnya atas tanggungan kamilah mengumpulkannya( didadamu ) dan membuatmu pandai membacanya" ( QS. Al-Qiyamah :16-17 ).


Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Barokatul Hasanain yang  secara khusus mengajarkan menghafal Alqur'an ( Hafidz dan Hafidzah )


Pondok Pesantren yang terletak di RT.002 RW-001,Dusun Sumber Wadung Desa  kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember, sudah menghasilkan pen ghafal Alqur'an ( hafidz dan hafidzah ) sebanyak 36 orang yang sudah hatam 30 Juz. 


" Semenjak tahun 2008 kami merintis mengajari santri menghafal Alqur'an disini, dan Alhmadulillah sudah sebanyak 36 Hafidz dan Hafidzah  hatam menghafal  Alqur'an 30 Juz " kilah Ustad Suparman.


Hukum menghafal Al Qur'an yaitu

Syaikh Ibnu Baz mengatakan, " menghafal Al Qur'an adalah mustahab ( sunnah)" ( Fatwa Nurul 'alad Darbi, 89906). Namun yang rajih insyaAllah, menghafal Al Qur'an adalah fardhu kifayah, wajib diantara kaum muslimin ada yang menghafal Al Qur'an, jika tidak ada sama sekali maka mereka berdosa ( Al Mausu'ah Al Fiqhiyyah, 17/325).


Keutamaan Menghafal Al Qur'an diantaranya :

1. Penghafal Qur'an 

     adalah Shahibul

     Qur'an( orang yang

     menghafalkannya

     dalam hati ).

2. Al Qur'an akan menjadi

    syafa'at bagi shahibul 

    Qur'an ( HR.Muslim 

     804)

3. Derajat di surga tergan

     tung pada hafalan

     Qur'an( HR.Abu Daud

      2240)

4. Termasuk

     sebaik-baiknya

      manusia ( HR.Al 

      Bukhari 4639).

5. Allah mengangkat 

     derajad shahibul 

     Qur'an di dunia 

      ( HR.Muslim 817)

6. Penghafal Al Qur'an 

    lebih diutamakan 

    untuk menjadi Imam 

    ( HR.Abu Daud 582).


Menurut Ustad H.Suparman selaku pengasuk di pesantren itu " menghafal Al Qur'an sebanyak 30 Juz , 144 surat, dan 6.666 ayat adalah bukan keterampilan yang mudah dikuasai, apalagi ini merupakan kitab suci sekaligus pedoman umat islam. oleh karenanya bisa menghafal Al Qur'an adalah suatu prestasi yang patut dibanggakan"pungkas ketua Hafidz, Ustad H.Suparman.


Lebih jauh lagi pria asal Tanggul ini dengan penuh harapan " semoga dengan berdirinya pesatren ini, kedepan ada simpatisan dan donatur yang mau peduli membantu demi majuanya pesantren kami, karena terus terang saja, selama ini kami benar-benar mandiri merintis pesantren tanpa ada uluran tangan baik dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah kabupaten jember," harapannya. 

( A.Mulyono )

Post a Comment

0 Comments