SWI Jatim mengadakan Ujian SKW [ Sertifikasi Kompotensi Wartawan ] di Kabupaten Pasuruan.


Lumajang,Merdekanews.id Dalam menjalankan tugas sebagai jurnalistik kompoten, profesional,seorang wartawan diharuskan mempunyai sertifikasi kompetensi wartawan ( SKW ), sebagai landasan profesi.

Dengan demikian, Sekber wartawan Indonesia ( SWI ). Jawa Timur mengadakan kelayakan uji kompetensi wartawan yang diadakan Selama dua hari mulai tgl 15-16 Oktober 2023 
bertempat di gedung DPRD Kabupaten Pasuruan.

Lembaga Sertifikasi Profesi Indonesia (LSP) Jawa Timur menerima peserta Uji Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) berlinsensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia.Mohammad Misdi
 mendapatkan rekomendasi dari Redaksi Media Merdekanews hadir dan mengikuti SKW. Dan Alhamdulillah
Yang bersangkutan  telah memenuhi syarat dan prosedur, dilakukan proses uji kompetensi,” kata Siti Nur Kholifah juga sebagai anggota LSP  Indonesia.

Sementara itu, ketua SWI Jawa Timur, Suharto mengatakan uji kompetensi wartawan memang harus dilakukan bagi penyandang profesi Jurnalis. Menurutnya, hal tersebut sebagai legalitas profesi yang Kompeten dan profesional dalam memberikan sebuah karya.

Disinggung tentang fungsi uji kompetensi kenapa menggunakan LSP Pers berlisensi BNSP? Kembali ia menuturkan bahwa fungsi kompetensi wartawan itu adalah keharusan bagi yang menjalankan profesi jurnalis, sebab wartawan itu harus eksis, profesional dan kompeten dibidangnya.

Maka Sertifikasi Kompetensi, lanjut Suharto, dilakukan guna melengkapi identitas diri jurnalis saat menjalankan profesinya sesuai standar kompetensi yang dimiliki guna dijalankannya. Hal ini untuk menjawab pertanyaan tentang kenapa Panjinasional merekomendasikan wartawannya ke LSP versi BNSP. Sebab, sebut ia,  lembaga BNSP adalah lembaga negara, dan Sertifikat yang diterbitkan berlambang negara yaitu lambang Garuda"ucapnya. Untuk SKW dan UKW itu sama  tidak ada bedanya bagi jurnalis hanya bedanya Kalau SKW di keluarkan oleh BNSP Lembaga Negara sedangkan UKW di keluarkan oleh Dewan Pers, tapi ingat kedudukannya sama bagi Jurnalis, Kata Suharto selaku ketua SWI Jatim. Dan insyaallah pada tgl 1 Nopember 2023 SWI Jatim akan mengadakan lagi ujian SKW  periode ke 2, katanya.     ( Arifin )

Post a Comment

0 Comments