Bupati Faida Terima Kunjungan Perwakilan BNPB RI


Jember,Kabarejember.com
- Sabtu, (20/06/2020) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Pusat datang ke Kabupaten Jember untuk mengevaluasi terkait PCR yang pernah diberikan oleh BNPB beberapa waktu lalu.
PCR (Polymerase Chain Reaction) diberikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, sebagai alat pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik virus Corona,   yang saat ini telah dipasang di rumah sakit RSD dr. Soebandi Jember.


Bupati Jember, dr. Faida, MMR., menerima kunjungan perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Mayjend (purn) Eko Budi S, di Pendapa Wahyawibawagraha, Sabtu, (20/06/2020).

“Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember mendapat kunjungan dari  Gugus Tugas Covid-19 pusat, dari BNPB,” kata bupati kepada wartawan.

Bupati Faida mengatakan, alat tersebut untuk lebih mempercepat mengetahui kondisi seseorang yang hasil rapid test-nya reaktif. Begitu diketahui reaktif, langsung dilakukan swab dengan PCR.

“Hasil swab-nya tidak perlu dirujuk lebih jauh lagi,” terang bupati.

Pemeriksaan dengan alat ini dapat menjawab secara cepat, apakah pasien boleh pulang atau harus menjalani perawatan lebih lanjut.

Bantuan alat laboratorium ini sangat mendukung pemeriksaan cepat atau rapid test massal yang gencar dilakukan pemerintah di berbagai tempat di Jember.

Operasional alat itu juga didukung dengan pelatihan tenaga medis, yang dilakukan secara online. Ada sekitar 150 tenaga medis mengikuti pelatihan tersebut.

Petugas di setiap puskesmas, sekitar dua sampai tiga orang, mengikuti pelatihan itu. “Tenaga medis yang bertugas untuk mengambil swab sudah tambah banyak yang dilatih,” imbuhnya.

“Paling penting adalah penegakan diagnosa yang lebih cepat,” pungkasnya. (red /tim )

Post a Comment

0 Comments