Temu Anak bersama Kepala Daerah dan Kepala OPD



Kota Mojokerto-Merdeka news.id-Dorong peran anak sebagai pelopor dan pelapor Pemerintah Kota Mojokerto melalui Dinas Sosial, Pemberdaayan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) menggelar kegiatan Temu Anak dengan Kepala Daerah dan Kepala OPD Kota Mojokerto “Suara Anak Kota Mojokerto” di halaman Rumah Rakyat, Jl. Hayam Wuruk 50 Kota Mojokerto, Jawa Timur. Senin (20/6) malam.

“Kami ingin mendengar suara anak-anak, menyampaikan aspirasi, apasih yang menjadi kebutuhan anak-anak, sehingga ini bisa menjadi sebuah usulan bagi pemerintah untuk mengakomodasi apa yang menjadi hak dan kebutuhan anak-anak Kota Mojokerto,” kata Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Dihadapan anggota Forum Anak, Ning Ita sapaan akrab wali kota juga menegaskan bahwa selama ini pemerintah telah menerima berbagai usulan dari masyarakat secara umum, namun tidak ada usulan dari anak-anak.

“Kami ingin di dalam program pembangunan Pemerintah Kota Mojokerto tidak hanya mengakomodir melaksanakan program yang menjadi kebutuhan atau hak nya orang-orang dewasa, karena kebutuhan anak dengan orang dewasa itu berbeda. Oleh karena itu ibu harap, anak-anak bisa menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan kalian,”imbuhnya.

Terkait kegiatan “Suara Anak Kota Mojokerto” Kepala Dinsos P3A, Choirul Anwar menjelaskan bahwa forum ini terselenggara untuk memperkuat salah satu peran forum anak sebagai pelopor dan pelapor di dalam akselerasi Kota Layak Anak.

“Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor khususnya dalam perlindungan anak, pemerintah wajib melibatkan anak tidak hanya sebagai objek pembangunan tetapi juga sebagai subjek pembangunan. Artinya anak-anak ini harus dilibatkan didorong untuk berpartisipasi dalam rangka menyampaikan usulan perencanaan pembangunan,” kata Anwar.

Lebih jauh ia juga menyampaikan bahwa sejak Forum Anak terbentuk di tahun 2017 partisipasi anak-anak melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) baru sebatas hadir, belum memberikan kontribusi berupa usulan yang sifatnya menyampaikan kebutuhan anak-anak.

Forum temu anak dengan Kepala Daerah dan Kepala OPD Kota Mojokerto tadi malam diikuti oleh 51 anggota Forum Anak tingkat kota, kecamatan dan kelurahan serta dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mojokerto Moh. Zaini.yn.

Post a Comment

0 Comments